Keuntungan Manajemen Warehouse

Ilmu Purchasing: Keuntungan Manajemen Warehouse

Seperti telah Pewe spoiler di artikel sebelumnya mengenai Manajemen Warehouse, Pewe akan menjelaskan keuntungan-keuntungan yang bisa didapat perusahaan yang menjalankan manajemen warehouse. Apa aja si bentuk keuntungan yang didapat? Mari disimak:

1. Menghindarkan timbulnya pengeluaran budget yang tidak penting pada perusahaan.
Di dalam melakukan aktivitas produksi, akan ada banyak sekali kejadian tak terduga. Kejadian tak terduga ini sering menjadikan perusahaan mengeluarkan biaya yang tidak penting. Di sisi lain, pengeluaran dana yang tidak penting pada perusahaan ini biasanya juga disebabkan oleh keahlian karyawan yang tidak mencukupi sehingga pengelolaan aktivitas distribusi yang berkaitan dengan dana tidak berjalan secara optimal. Namun, saat digunakan manajemen warehouse maka perusahaan produksi akan langsung dapat menimbang dan mengelola kemungkinan besaran dana maksimal yang akan dibutuhkan oleh perusahaan selama proses produksi.

2. Manajemen warehouse diadopsi oleh beberapa perusahaan besar.
Pengalaman perusahan yang sukses di bidang bisnis tentulah sangat banyak sehingga ketika mereka sukses menjalankan produksinya dengan menggunakan manajemen warehouse ini maka sebaiknya Anda juga mengikuti jejak serupa dari pelaksanaan manajemen warehouse perusahaan tersebut. Selain karena pengaturannya mudah, manajemen warehouse ini juga dijalankan dengan menggunakan metode yang berkesinambungan sehingga beberapa perusahaan besar juga akan dapat bekerja sama penuh dengan Anda.

3. Manajemen warehouse meningkatkan perkembangan dan pengaturan bisnis.
Manajemen warehouse dijalankan dengan menggunakan keterampilan bagian logistik dalam perusahaan yang berkompeten di bidangnya. Intinya, manajemen warehouse mendukung peran perusahaan untuk bisa menjalankan perkembangan dan pengaturan bisnis yang baik melalui proses supply chain management.

Manajemen Warehouse yang baik adalah terakomodirnya semua kebutuhan pencatatan persediaan stok yang terintegrasi dengan bagian pengadaan
Manajemen Warehouse
Keuntungan lain yang bisa didapat dari Manajemen Warehouse antara lain:
  • Speed Up Handling Process. Penerapan Manajemen Warehouse pada suatu pergudangan dapat mempercepat lead time proses yaitu dengan adanya proses yang dilakukan secara komputerisasi atau otomatis yang sebelumnya harus secara manual dan dilakukan banyak orang.
  • Ensure Accurate Inventory Data. Dengan manajemen warehouse kita mengetahui semua transaksi inventory dan jumlah stock dengan lebih cepat dan akurat dalam waktu kapan pun (real time).
  • Optimize Your Warehouse Layout and Space Utilization. Dengan manajemen warehouse, kita dapat mengatur lokasi penyimpanan barang dengan optimal. Jumlah dan tipe barang yang akan masuk ke gudang akan dapat diatur penyimpanannya dengan tool yang ada dalam system.
  • FIFO Implementation. Alur distribusi barang dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prisip FIFO (First In First Out).
  • Automated Data Collection. Pengumpulan data dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan fasilitas radio-frequency portable data terminal (PDT) dan barcode scanner.
  • Cycle Counting. Penerapan manajemen warehouse juga memberikan keuntungan dalam menghitung waktu/siklus setiap proses atau lead time. Data tersebut dibutuhkan untuk menghitung produktifitas gudang dan mempermudah upaya peningkatannya.
Jika pada penerapan manajemen warehouse telah optimal maka keuntungan di atas dapat dicapai dan akhirnya dapat memberikan keuntungan pada perusahaan karena secara prinsip manajemen warehouse akan mengoptimalkan tenaga kerja, menurangi waktu proses, mengurangi proses inventory yang tidak perlu dan akhirnya akan meningkatkan pelayanan kita kepada customer selanjutnya.

Mulai tertarik untuk menggunakan Manajemen Warehouse setelah mengetahui keuntungan yang bisa didapat dari penggunaannya? Pewe rasa pelaksanaan manajemen warehouse sudah harus mulai dipikirkan deh. Pencatatan logistik yang masuk, pengambilan oleh user, sisa stock di gudang, baiknya dicatatkan dengan baik melalui sebuah sistem yang terkomputerisasi dan terkait dengan bagian pembelian, untuk mengurangi adanya kemungkinan timbul biaya tak terduga dari adanya SDM yang kurang kompeten dalam hal pengadaan dan persediaan logistik. Setuju atau setuju? :D


Sumber:
http://manajemenproduksi.com/cara-mengelola-manajemen-pergudangan-atau-warehouse-management/
×
Judul